Sekapur Sirih

johantambotohPenelitian ilmiah adalah dimensi penting penunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dimana perkembangnya pada akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus dari perguruan tinggi (PT).

Setelah sempat “terlena” dengan aktivitas yang meberikan bobot yang besar pada pengajaran saja, akhir-akhir ini perhatian PT mulai tertuju pada bagaimana penelitian juga harus menda-pat porsi utama. Penelitian penting karena melaluinya eksplorasi terhadap pengeta-huan baru dapat dilakukan, menghasilkan tenaga peneliti, serta memutakhirkan penge-tahuan dan kemampuan di bidang ilmu dan teknologi agar PT mampu menghim-pun, mengalihkan, menyebarkan, dan menerapkan IPTEK. Memperhatikan pentingnya pengembangan penelitian, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bertekad untuk mengembannya den-gan mulai memposisikan diri menjadi Research University (RU). Melalui RU, diharapkan UKSW tidak hanya berfokus pada penyebarluasan pengetahuan melalui pengajaran saja, tetapi juga mampu tampil sebagai pencipta pengetahuan baru yang bersumber dari tinginya kuantitas serta kualitas penelitian yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi berbagai masalah sosial, berkontribusi pada peningkatan kualitas hidup serta menjadi pencetus bagi ide-ide maupun produk baru yang dapat mengubah dunia. Agar dapat menem-patkan diri dengan baik sebagai RU, maka semua unit yang ada di UKSW harus mendukungnya. Sejak 1 Mei 2011 semua kegiatan peneli-tian pada Fakultas Teknologi Informasi dilebur ke dalam sebuah lembaga yakni Pusat Penelitian (PUSLIT) dan Pengabdian Masyarakat sebagai bagian dari upaya untuk mendorong berkembangnya penelitian, khususnya di lingkungan FTI UKSW.

Sebagai unit yang baru didirikan, PUSLIT FTI diharapkan mampu menghasilkan penelitian yang berbasis keunggulan serta selaras dengan perkembangan teknologi informasi yang berciri kritis, kreatif dan inovatif. Selain itu, melalui PUSLIT FTI dapat diupayakan berbagai aktivitas pengabdian masyarakat yang berbasis keunggulan dalam bidang teknologi informasi yang berciri pada semangat pelayanan serta, menghasilkan publikasi atas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan. Menyadari tingginya harapan dengan berdirinya PUSLIT FTI, maka telah disiapkan sejumlah strategi pendukung. Pertama, akan dilakukan penguatan kapasitas internal, dimana melalui strategi ini, kemampuan meneliti serta publikasi dosen dan maha-siswa akan ditingkatkan. Selain itu, secara organisasional, juga dilakukan upaya untuk untuk meningkatkan sumber daya informasi dan organisasi.

Strategi selanjutnya adalah perbaikan proses penelitian, pengabdian masyarakat dan publikasi. Pada strategi ini, yang pertama dilakukan adalah menyusun peta jalan (roadmap) penelitian dan membentuk rumpun penelitian serta “Researcher Champion” di tingkat fakultas. Kemudian diberikan juga peningkatan insentif serta peningkatkan kuantitas maupun kualitas hibah penelitian, publikasi dan pengabdian masyarakat. Strategi ketiga adalah pemenuhan harapan ‟konsumen‟ (UKSW dan lulusan), dengan mengintegrasikan penelitian dalam perkuliahan (kurikulum dan skripsi). Sedangkan strategi terakhir terkait dengan persiapan untuk paten dan komersialisasi, melalui penciptaan produk unggulan yang bisa diadopsi oleh industri/pasar,
serta mengusahakan paten atas produk penelitian.

Berbagai strategi yang telah disiapkan serta tingginya harapan dan optimisme yang ada, pendirian PUSLIT FTI ini diharapkan mampu menjadi pendorong bagi upaya mewujudkan pengembangan Research University bagi kesejahteraan masyarakat. (sth-puslit)