Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Pencanangan Desa Inovasi Mlatiharjo, Demak

Penjalinan Kerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon

Kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat

Pencanangan Desa Inovasi Mlatiharjo, Demak

Penjalinan Kerjasama dengan Pemerintah Kota Tomohon

Sekapur Sirih

johantambotohPenelitian ilmiah adalah dimensi penting penunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dimana perkembangnya pada akhir-akhir ini mendapat perhatian khusus dari perguruan tinggi (PT).

Read More

Kontak Kami

Pusat Penelitian & Pengabdian Masyarakat 

Fakultas Teknologi Informasi
Universitas Kristen Satya Wacana
Jl. Diponegoro 52-60 Salatiga
Jawa Tengah - Indonesia
Ph. 0298 - 3419245
Fax. 0298 - 3419245

 

Techno-Epistemology (Thinking About Technology and Technology of Thinking About)

 

Technology (Philosophically) is a tool for making sense of things or a tools to facilitate human activities – Joseph Pitt

 

Setiap orang memiliki perspektif tentang teknologi . Itulah sebabnya pengertian tentang teknologi menjadi luas bergantung dari sudut mana kita definisikan. Teknologi dapat diartikan dari perspektif individu, masyarakat atau kelembagaan. Lalu, apakah kita bebas mendefinisikannya? Demikian pengantar yang dilontarkan Jubhar.Ch.Mangimbulude, M.Sc.  di depan para peserta diskusi bulanan Agora, 3 Agustus 2012 lalu. Diskusi Agora merupakan suatu forum diskusi yang digagas oleh Puslit FTI UKSW dalam rangka diseminasi topik-topik yang terkait dengan kegiatan akademik yang digumuli FTI UKSW. Read more: Techno-Epistemology (Thinking About Technology and Technology of Thinking About)

Hibah Unggulan STRANAS Dipresentasikan dalam Diskusi Bulanan Methodus

 

Tahun ini sebuah penelitian dari FTI UKSW yang berjudul Pranatamangsa Climate Mapping (PCMAP) berhasil mendapat hibah unggulan STRANAS.     Penelitian ini digagas oleh rumpun Simitro (Sistem Mitigasi Penyakit Tropis) ini menjadi topik diskusi yang dibahas dalam forum diskusi Methodus pada tanggal 1 Agustus 2012 lalu. Dalam presentasinya Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si., M.Kom menyatakan bahwa penelitian ini merupakan terapan dari berbagai disiplin ilmu di antaranya ilmu pertanian, ilmu komputer,ilmu geografi, ilmu falak, statistik dan klimatologi. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan model kalender pola tanam berbasis wilayah, model zonasi pertanian berbasis daya dukung sumber daya alam dan informasi iklim berbasis kearifan lokal (pranata mangsa). Read more: Hibah Unggulan STRANAS Dipresentasikan dalam Diskusi Bulanan Methodus

Tujuh Rumpun Penelitian FTI Telah Terbentuk

 

Kebutuhan akan riset terinsintitusi direspons oleh PUSLIT dengan membentuk tujuh rumpun penelitian dalam tubuh FTI UKSW yakni rumpun Tata Kelola TI, Enterprise Integration, Pengembangan Game, GIS for Land Use Forestry and Geospatial , Sistem Mitigasi Penyakit Tropis, Komputasi Multimedia dan Komputasi Bisnis untuk UKM. Selain ketujuh rumpun tersebut, sesuai rencana akan ada lagi rumpun penelitian yang akan dibentuk.

Read more: Tujuh Rumpun Penelitian FTI Telah Terbentuk