Workshop Pembelajaran Berbasis Penelitian Menggunakan Paradigma 4T

Workshop Pembelajaran Berbasis Penelitian Menggunakan Paradigma 4TSalah satu indikator dari terciptanya research university dapat diukur dari sejauh mana para dosen memanfaatkan hasil penelitian dalam proses pembelajaran. Untuk itu Puslit FTI UKSW selama sehari mengadakan workshop pembelajaran berbasis penelitian menggunakan paradigma 4T (Telaah – Teliti – Tata – Tutur) selama sehari. Kegiatan ini berlangsung pada hari Rabu, 13 Juni 2012, di ruang rapat FTI UKSW.

Para peserta workshop ini merupakan staf pengajar FTI UKSW. Prof.Dr (HC). Willi Toisuta.,PhD yang juga merupakan mantan rektor UKSW selama 2 periode menjadi pembicara utama dalam workshop ini. Dalam acara ini beliau turut didampingi oleh Drs. Alex Mira Kaho, M.Si ,staf pengajar FKIP UKSW.

Workshop ini, seperti yang dikemukakan oleh Johan J.C Tambotoh, S.E., MTI., Ketua Puslit FTI, bertujuan untuk memberikan pemahaman dasar kepada staf pengajar bagaimana mengintegrasikan hasil penelitian sebagai bahan ajar dalam kelas. Lebih lanjut ia mengemukakan bahwa sudah saatnya FTI UKSW menerapkan pembelajaran berbasis penelitian sebagai bahan ajar di dalam kelas selekas mungkin.

Paradigma 4T adalah paradigma baru dalam proses pembelajaran yang berfokus pada pengembangan kapasitas belajar siswa/mahasiswa. 4T yang berbentuk siklus/sequence menjadikan pembelajaran berbasis penelitian menjadi jauh lebih efisien. “Supaya proses ini berjalan dengan baik maka kita harus merubah paradigma evaluasi model lama,” tegas Drs. Alex Mira Kaho, M.Si di tengah workshop. Pada workshop ini juga diadakan sebuah simulasi pembelajaran berbasis penelitian yang
langsung dievaluasi secara konstruktif oleh para pembicara.

Para peserta cukup antusias dengan workshop ini. Bahkan para peserta berharap model pembelajaran berbasis penelitian ini dapat diimplemantasikan secepatnya. Dekan FTI UKSW, Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs. dalam acara ini menegaskan kembali antusiasme ini dengan mencanangkan bahwa mulai tahun ajaran baru FTI UKSW akan mengimplementasikan model pembelajaran ini.