Kompetisi Kreatifitas Mahasiswa FTI 2012 Berhadiah Dana Research Rp 3 Juta

 

7a291d744bef9e5b8b7dbe3c659e1a53Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) mengadakan kegiatan Pelatihan Metode Riset dan Penyusunan Proposal Program Kreatifitas Mahasiswa pada hari ini, Rabu (22/2) di Auditorium FTI. Acara ini merupakan salah satu upaya FTI UKSW dalam rangka meningkatkan kualitas mahasiswa agar memiliki kemampuan akademis dan atau profesional yang dapat menerapkan, mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau kesenian, serta memperkaya budaya ilmiah di FTI UKSW.

“Sekarang kan selain skripsi ada juga jurnal, jadi pihak fakultas ingin melatih mahasiswa proses-proses pembuatan jurnal yang baik,” kata Danang Tri Widiatmoko selaku Panitia Pelaksana ketika ditemui disela pelatihan.

Pelatihan ini terdiri dari lima kategori kegiatan; Kreatifitas Penelitian Mahasiswa (PM), Kreatifitas Penerapan Teknologi (PT), Kreatifitas Pengabdian Masyarakat (AM), Kreatifitas Kewirausahaan (WU), dan Hibah Pascasarjana (PS).

Tidak hanya pembicara dari universitas, FTI juga mengundang pembicara yang berasal dari kampus lain; Prof. Dr. Harun Joko Prayitno dari Universitas Muhammadiyah Solo (UMS). Sementara pembicara internal universitas adalah Yohanes Martono,M.Sc, Teguh Wahyono, S.Kom., M.Cs, Johan Tambotoh S.E., MTI, Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si., M.Kom, dan Rini Dharmastuti, S.Sos., M.Si. Mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti acara mencapai 379 mahasiswa yang terdiri dari mahasiswa D3, S1 dan S2 FTI semua angkatan, namun acara ini juga terbuka untuk mahasiswa luar fakultas UKSW.

Arya.B, mahasiswa FTI 2007 mengatakan alasannya mengikuti pelatihan ini untuk belajar cara membuat jurnal, “Kebetulan berpapasan dengan skripsi, jadi biar mengerti prosesnya. Soalnya ini baru,” kata dia.

Dalam pelatihan tersebut, tiga sampai lima orang mahasiswa dikumpulkan dalam satu kelompok untuk bekerjasama membuat proposal dan karya tulis. Ada juga dosen pembimbing yang terdiri dari seluruh dosen FTI untuk membantu mahasiswa dalam pembuatan proposal dan karya tulis.

“Mahasiswa diberi pelatihan pembuatan proposal dan karya tulis lalu diajari untuk berkompetisi. Kemudian dari semua proposal yang diserahkan akan dipilih 30 terbaik melalui proses penjurian yang objektif. Masing-masing akan diberi dana sebesar Rp 3.000.000,00 untuk melakukan research,” ungkap Sri Yulianto, salah seorang pembicara internal universitas.

Hasil research akan dikirim ke Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Pemilihan Penelitian Remaja Indonesia (PPRI) 2012. “Diutamakan research di bidang TI multidisiplin. Artinya TI bisa masuk ke ekonomi dan bidang-bidang lainnya,” kata Sri Yulianto. “Diharapkan diperoleh karya ilmiah untuk level PIMNAS dan PPRI dan bisa mengirimkan proposal sebanyak mungkin dari sini (universitas),” tambahnya. (vi/upk_bphl/foto:viona).

 

diambil dari www.uksw.edu