UKSW Jalin Kerjasama Dengan Pemkab Demak

UKSW Jalin Kerjasama Dengan Pemkab DemakUKSW.EDU - Bertempat di Desa Mlatiharjo, telah ditandangani Memorandum of Understanding (MoU) antara Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW)  dengan Pemerintah Kabupaten Demak, Sabtu (28/5). MoU ditandatangani oleh Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D dan Bupati Demak Drs. H.  Tafta Zani. Penandatanganan MOU ini dilakukan bersamaan dengan acara peluncuran desa Melatiharjo sebagai Desa Inovasi pertanian oleh Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo.

MOU tersebut terkait kerjasama dalam program kerja pengabdian masyarakat untuk Klaster Pertanian Organik Tani Mahardika dan Desa Inovasi Mlatiharjo dalam rangka percepatan program Bali Ndeso Mbangun Deso di kabupaten demak. Program ini melibatkan 2 fakultas dilingkungan UKSW, yaitu Fakultas Teknologi Informasi (FTI) dan Fakultas Pertanian dan Bisnis (FPB).

Beberapa kegiatan yang akan dilakukan oleh FTI dan FPB dalam kerangka kerjasama ini antara lain penyediaan komunikasi untuk klaster pertanian organik berbasis Voice Over Internet Protocol (VOIP), pengembangan bursa komoditi klaster unggulan dan forum komunikasi klaster Demak berbasis Demak, pengembangan dan pembinaan desa wisata edukasi pertanian, perintisan radio dan televisi komunitas dan Pendampingan penanaman padi organik.

Dalam penandatanganan MoU tersebut juga dilakukan penyerahan infrastruktur teknologi informasi untuk mendukung pemanfaatan TI pada klaster pertanian organik dan aplikasi bursa komoditi dan aplikasi forum klaster pertanian organik. Program ini merupakan hasil kerjasama dari Balitbang Propinsi Jawa Tengah, Pemerintah Kabupaten Demak, UKSW dan Desa Mlatiharjo. Berita terkait dapat juga dibaca di Harian Suara Merdeka (rd_fti/upk_bphl/foto:dokpan).

Sumber: uksw.edu