Seminar It For The Future Buka Rangkaian Dies FTI

seminar it for the future 2010UKSW.EDU - Bertempat di Balairung Universitas, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) menggelar seminar bertajuk IT For The Future, Kamis (30/9). Seminar ini merupakan pembuka rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-7 FTI UKSW yang secara resmi dibuka oleh Rektor UKSW  Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D.

Seminar tersebut menghadirkan pembicara Pembantu Rektor I UKSW Prof. Ir. Danny Manongga, M.Sc., Ph.D, Frans Teguh, MA dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, Drs. Muabuai MM., Kepala Ketua Badan Perencanaan Pembangunan Daerah(BAPPEDA) Kabupaten Jayapura, praktisi open source Rith Maria, B.Sc dan Ono W. Purbo.

Pengelolaan Destinasi Pariwisata berbasis Tata Nilai Lokal dipaparkan oleh Frans Teguh. M.A. Frans menyebutkan bahwa peranan teknologi informasi kedepan memegang peranan penting dalam dunia pariwisata. Pengaruh teknologi kedepan juga disampaikan oleh Danny Manongga dalam materinya yang berjudul IT Dalam Meningkatkan Daya Saing Sumber Daya Manusia didunia Internasional.

Bagaimana peranan IT untuk pengembangan wilayah disampaikan oleh Muabuai dalam kaitannya dengan pembangunan di Kabupaten Jayapura. Dua pembicara terakhir masing-masing memaparkan tentang  Open Source as A Solution in Improving the Competitiveness of Indonesian Human Resources in the Natural World oleh Ruth Maria, B.Sc dan Open Source sebagai Masa Depan IT Indonesia oleh Ono W. Purbo.

FTI UKSW Kedepan

Dalam sambutannya, John A. Titaley mengharapkan bahwa diusianya yang ke-7 ini, FTI UKSW terus ikut terlibat dalam pengembangan informasi teknologi di Indonesia sehingga kontribusi UKSW bisa dirasakan oleh bangsa Indonesia.

Hal serupa juga diungkapkan oleh Dekan FTI UKSW Andeka Rocky Tanaamah, SE.,M.Cs yang ditemui disela acara seminar. Andeka Rocky Tanaamah mengungkapkan kedepan FTI dapat berkembang menjadi lebih baik lagi, tidak hanya berpusat pada apa yang ada saat ini, tetapi juga terus mengembangkan nilai-nilai Satya Wacana dengan membekali mahasiswa dengan kemampuan untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif.

“Kedepan kami ingin FTI UKSW dapat menjadi garda pembaharu teknologi Indonesia,” lanjut Andeka Rocky. Untuk mendukung hal tersebut, sejumlah langkah akan dijalankan FTI seperti mengembangkan kelas bertaraf internasional.

Kegiatan Dies FTI

Rangkaian acara Dies Natalis ke-7 FTI UKSW akan berlangsung hingga Jumat, 8 Oktober mendatang. Sejumlah acara yang digelar antara lain adalah Sepeda Santai (3/10), Workshop Public Speaking (4/10), Seminar dan Workshop Fotografi (5/10) dan Workshop Komik (6/10).

Sejumlah karya mahasiswa FTI juga akan disuguhkan dalam pameran yang digelar mulai Senin hingga Jumat (4-8) di Balairung Universitas. Kegiatan Bazaar juga turut memeriahkan rangkaian dies FTI tahun ini di parkiran Gedung Administrasi Pusat (GAP) selama 5 hari (4-8/10). Rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-7 FTI selengkapnya dapat dilihat di www.diesnatalisfti2010.blogspot.com. (upk_bphl/ft:upk).

Sumber: uksw.edu