Workshop GIS SWBTC FTI 2010

workshop gis swbtc 2010UKSW.EDU - Dalam rangka Dies Natalis ke-7 Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), Satya Wacana Business Technology Center (SWBTC) dan FTI menggelar Workshop Geographic Information System (GIS). Workshop yang berlangsung hari ini (27/8) di salah satu laboratorium komputer FTI, mengangkat tema "Tantangan dan Peluang Teknologi GIS Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan UMKM Menghadapi Persaingan Bisnis Global yang Kompetitif".

Dalam workshop yang akan berlangsung hingga nanti sore tersebut, dua pemateri dihadirkan, yaitu Prof. Dr. Ir. Eko Sediyono, M.Kom (Guru Besar di bidang Ilmu Komputer FTI UKSW) dan Dr.Markus Muller  (pakar GIS) dari Deutscher Entwicklungsdienst (DED).

Workshop yang diikuti oleh Dosen dan mahasiswa FTI dan perwakilan dari Centre for Micro and Small Enterprise Dinamics (CEMSED) UKSW tersebut menyajikan sejumlah materi seperti Konsep Sistem Informasi Geografi, Pengenalan ArcMap, Pengantar ArcCatalog, Menampilkan Data Spasial dan Layout dan Cetak Peta.

GIS

Direktur SWBTC Johnson Umbu Radda, SP., MM yang ditemui disela kegiatan mengungkapkanworkshop ini digelar untuk lebih mengenalkan GIS bagi peserta yang didominasi dosen dan mahasiswa. “GIS nantinya akan mempermudah baik pihak akademisi dari kampus, pemerintah dan pelaksana UMKM dalam usaha pengembangan UMKM,” ungkap Johnson.

Hal senada juga diungkapkan Eko Sediyono. Menurutnya, GIS merupakan salah satu ilmu baru yang implementasinya sangat luas. Dengan digunakannya GIS dalam upaya pengembangan UMKM, diakui Eko mempunyai sejumlah nilai lebih.

“Dengan GIS,UMKM bisa mendapatkan banyak peluang untuk mengembangkan usahanya, salah satunya dengan menambah jaringan,” ungkapnya. Diakui Eko Sediyono bahwa masih sedikit jumlah UMKM yang telah memanfaatkan teknologi GIS, salah satunya adalah UMKM di kawasan DKI Jakarta. Memanfaatkan GIS dalam upaya pengembangan UMKM di Salatiga menjadi salah satu agenda SWBTC UKSW kedepan.

Lebih lanjut Eko mengungkapkan bahwa teknologi GIS juga menyimpan peluang besar bagi mahasiswa IT untuk mengembangkannya dalam berbagai bidang selain dalam upaya pengembangan UMKM. “Mahasiswa dapat mengembangkan diri menjadi seorang technopreneur dengan teknologi GIS ini,” imbuh Eko.
(upk_bphl/ft:upk).

Sumber: uksw.edu