Workshop Dosen Menjadi Penulis

Workshop Dosen Menjadi PenulisUKSW.EDU - Menjembatani agar para staf pengajar di lingkungan Fakultas Teknologi Informasi (FTI) UKSW bisa mempublikasikan karya-karyanya di berbagai media selain mempublikasikan karya ilmiahnya di berbagai jurnal, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (Puslit) FTI UKSW menggelar acara workshop Dosen Juga Harus Bisa Menjadi Jurnalis Handal, Jumat (8/7).

Acara yang digelar di gedung FTI kampus UKSW ini diikuti puluhan dosen FTI UKSW. Dibagi dalam 2 sesi, hadir 3 pembicara dalam workshop tersebut. Sesi pertama disampaikan oleh Siane Andriani mantan direktur pemberitaan Global TV sedangkan sesi kedua hadir Sigit Setiono dan Ign. Prayoga dari salah satu Harian Warta Jateng.
 
Sebagai pembicara pertama, Siane Andriani mantan direktur pemberitaan Global TV memaparkan materi potensi kekuatan dan kelemahan media dengan tema Dahsyatnya Media. Sejumlah manfaat positif media diungkapkan oleh Siane, antara lain dapat mengajak masyarakat berperan secara aktif dalam suatu kegiatan maupun gerakan selain dapat mempopulerkan seseorang. Namun demikian, Siane juga mengatakan bahwa bisa juga seseorang jatuh karena media.

“Kita harus pintar memanfaatkan media, membangun hubungan personal yang baik dengan wartawan dan mmbina networking juga menjadi salah satu hal penting,” ungkapnya.

Disesi kedua, peserta workshop diberikan pemaparan perkembangan suratkabar dari segi layout dan content sejumlah surat kabar di Indonesia dan luar negeri. Sejumlah tips menulis di surat kabar juga disampaikan pemateri, diantaranya adalah bagaimana menjual isu yang disesuaikan dengan angle dan topic hangat yang sedang berkembang dimasyarakat.
Acara ini merupakan salah satu program dari kerjasama FTI UKSW dengan Derek Management yang terjalin sejak beberapa waktu lalu. (upk_bphl/foto:upk)

Sumber: uksw.edu