Mahasiswa DKV FTI Gelar Pameran "Dolanan"

Mahasiswa DKV FTI Gelar Pameran DolananUKSW.EDU - Ada pemandangan lain kalau kita berkunjung ke gedung Fakultas Teknologi Informasi (FTI) di kampus hijau Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW). Pekan ini, Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) FTI menggelar acara Pameran Hasil Karya Mahasiswa mengangkat tema “Dolanan”.

Beragam dolanan, mulai dari dolanan tradisional seperti dakon, gasing dan layang- layang, sampai playstation; permainan jaman sekarang bisa kita jumpai. Tak hanya itu, beragam hasil karya mahasiswa Desain Komunikasi Visual (DKV) dalam bentuk bentuk fotografi, 3D modeling dan sketsa juga bisa dinikmati.

Menarik

Beragam dolanan yang dipamerkan bisa dimainkan dengan bebas oleh pengunjung. Salah satu yang tampak sering dimainkan pengunjung adalah ular tangga. Bukan sembarang ular tangga yang bisa dinikmati pengunjung pameran, ular tangga yang satu ini kira-kira berukuran 2 meter, yang dipasang dilantai gedung FTI.

Perjalanan seorang mahasiswa FTI dari awal masa kuliah sampai lulus digambarkan dalam permainan ini lewat foto-foto dan tulisan yang tertera di beberapa kotak. Pada kotak-kotak tertentu akan dijumpai tulisan “welcome to FTI”, “Ayo semangat buat lagi skripsinya” dan “Purna studi FTI”.

“Baru sekali ini ngliat ular tangga yang begini, seru mainnya dan konsep pamerannya menarik,” kata Jessie Hasan Saga, mahasiswa FTI yang tampak bermain ular tangga dengan beberapa mahasiswa lainnya.

Dihari ke-3 pameran, siang ini (20/7) digelar pagelaran dolanan disekitar area pameran. Mahasiswa tampak memainkan beberapa permainan tradisional seperti ketapel, engklek dan lompat tali. Selain itu, beberapa mahasiswa lainnya menggelar kegiatan mural bareng di mainan kuda-kuda.

Antony Tumimomor, S.Kom., M.Cs staf pengajar FTI yang juga koordinator acara ini mengungkapkan ada sekitar 35 karya mahasiswa DKV yang dipamerkan dalam pameran bulan ini. “Selebihnya 15 macam dolanan kita tampilkan, selain itu juga ada karya dari komunitas action figure dan GameDEV yang ikut mengisi pameran,” kata Antony.

Melalui pameran ini, DKV FTI UKSW ingin mengangkat berbagai permainan lokal yang sudah mulai tersingkirkan dengan berbagai permainan jaman sekarang. Pameran masih akan berlangsung hingga Jumat (22/7) mendatang, mulai pukul 09.00 hingga 15.00. (upk_bphl/foto)

Sumber: uksw.edu