Rumpun Penelitian Sistem Mitigasi Penyakit Tropis (SIMITRO) Menyelanggarakan Seminar dan Workshop dalam Rangka Dies Natalis UKSW ke 55

Dalam rangka menyambut dies natalis UKSW ke 55 FTI UKSW (khususnya rumpun penelitian sistem mitigasi penyakit tropis/simitro) bersama BP3M UKSW dan PR V UKSW menyelanggarakan rangkaian seminar dan workshop pada tanggal 24 dan 25 November 2011. Rangkaian acara ini sekaligus dirancang sebagai langkah awal diseminasi hasil penelitian rumpun penelitian sistem mitigasi penyakit tropis.

Acara pertama berupa seminar yang bertajuk “Automatisasi Sistem Zona Agroekologi dan Kesesuaian Lahan (AUTOZAE) dan Pranata Mangsa Baru Berbasis Spatiotemporal Dalam Rangka Manjemen Lahan dan Ketahanan Pangan yang Berkelanjutan” dimulai pada tanggal 24 November di Auditorium FTI. Bertindak sebagai pembicara pada seminar ini adalah Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom, Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si., M.Kom dan  Dr. Ir. Bistok Hasiholan Simanjuntak, M.Si.

Pada hari yang sama juga sebuah workshop dislenggarakan di Lab RX203 mulai pukul 13.00-16.00. Workshop ini bertema “Pemodelan dan Simulasi Klimatologi, Ekologi dan Pertanian Berbasis Geospasial Menggunakan R” dengan trainer utama Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si., M.Kom. Workshop ini ditujukan bagi mahasiswa FTI baik S1 maupun S2.

Seri acara rumpun Simitro ditutup dengan seminar Simulasi dan Pemodelan Pengurangan Potensi Bencana Epidemi, Wabah dan KLB Beberapa Penyakit Tropis Melalui Penerapan Paradigma Pengurangan Resiko Sistem Manajemen Bencana. Seminar ini diselanggarakan di Auditorium FTI pada tanggal 25 November 2011. Bertindak sebagai pembicara pada seminar ini masing-masing Yessica Nataliani, S.Si., M.Kom., T. Arie    Setiawan Prasida, ST., M.Cs., Hendry, S.Kom., M.Kom dan Dra. Sri Kasmiati, M.Si

Para peserta kedua seminar ini berasal dari kalangan baik mahasiswa FTI, mahasiswa Fakultas Pertanian dan Bisnis (program sarjana maupun magister), Mahasiswa Fakultas Ilmu Keperawatan, dan perwakilan Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan dan Bappeda dari Kabupaten Klaten, Kota Salatiga dan Kabupaten Semarang (feb).