Kuliah Umum PKn dan Kegiatan Donor Darah

Kuliah UmumFTIUKSW.ORG - Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bekerjasama dengan Lembaga Studi & Advokasi Masyarakat (ELSAM) menyelenggarakan Kuliah Umum Hak Konstitusional Warga Negara (Dalam Rangka Penegakan Hak Asasi Manusia), pada Sabtu (3/12) di Balairung Universitas. Hadir sebagai pembicara tunggal adalah Maruarar Siahaan. SH seorang Mantan Hakim Konstitusi.

Rektor UKSW Prof. Pdt. John A. Titaley, Th.D membuka secara resmi kuliah yang diikuti ratusan mahasiswa FTI ini. Dalam sambutannya, John A. Titaley mengungkapkan betapa pentingnya konstitusi bagi Indonesia yang terdiiri dari berbagai suku bangsa.

“Karena itulah kita perlu platform bersama supaya keragaman kita bisa terjaga. Acuan konstitusi yang mendasar adalah hak asasi manusia. Konstitusi menjadi sangat penting karena konstitusi yang melindungi kepentingan-kepentingan warga negara termasuk hak asasi manusia,” papar John.

Dalam pemaparannya, Maruarar Siahaan membawakan makalah berjudul Hak Konstitusional Dalam UUD 1945. Diungkapkannya bahwa berbicara tentang hak konstitusional sebagai hak dasar warga negara yang dimuat dalam konstitusi, telah meluas dengan diadopsinya hak-hak asasi manusia menjadi bagian hak konstitusional dalam UUD 1945. Konstitusi atau Undang-undang Dasar tidak selalu berada dalam satu keadaan yang harmonis. Konflik norma secara intrakonstitusional dapat terjadi, baik karena pergeseran makna, atau terjadi perubahan UUD secara bertahap dalam kurun waktu yang berbeda. Karena itulah diperlukan suatu metode keseimbangan untuk menilai dan memberi makna yang konstitusional, dengan mana dua atau lebih norma konstitusi yang bertentangan harus dipertimbangkan secara proporsional.

Acara ini diselenggarakan sebagai salah satu kegiatan dalam pelaksanaan mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan. Sebagai kegiatan lanjutan juga digelar Donor Darah bekerjasama dengan PMI Kota Salatiga pada Senin (5/12) di gedung FTI UKSW. (upk_bphl/foto:upk).

spandukDonorDarah2kecil

diambil dari: www.uksw.edu