Seminar Wimax Buka Rangkaian Dies FTI

Seminar Wimax Buka Rangkaian Dies FTIUKSW.EDU - Merayakan Dies Natalisnya yang ke-VIII, Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Krsiten Satya Wacana (UKSW) menggelar rangkaian kegiatan bertajuk “IT For Prosperity”. Acara dibuka secara resmi dengan pemukulan gong oleh PR I UKSW Prof. Ir. Danny Manongga, M. Sc, Phd di auditorium FTI UKSW, Senin (19/9).

Turut hadir dalam acara pembukaan adalah Dekan FTI UKSW Andeka Rocky Tanaamah, SE, M.Cs “Dalam Dies Natalis kali ini banyak sekali partner dari luar yang diundang. Dengan demikian banyak manfaat yang akan diperoleh di samping pengetahuan baru” kata Rocky dalam sambutannya.

Seminar Pembuka Dies Natalis

Acara yang diselenggarakan hingga 30 September mendatang akan menghadirkan beragam kegiatan seperti seminar Internasional, workshop, pameran, bazaar, kuliah umum, dan lomba yang akan menguji kreativitas para mahasiswa.

Rangkaian acara dibuka dengan seminar nasional “WiMAX” dan “CiSCO” seusai pembukaan .  Indrastanti R . Widiasari, M. T hadir sebagai pembicara dalam sesi pertama untuk memaparkan topic “WiMAX”. WiMAX merupakan salah satu teknologi telekomunikasi yang menyediakan transmisi wireless untuk pengiriman data dengan beberapa mode, mulai dari point to multipoint, sampai portabledan fully mobile.

“Selama ini kita mengenal hanya Wifi, padahal Wifi memiliki banyak kekurangan diantaranya jangkauan terbatas, kecepatan rendah, dan usernya-pun sudah sangat banyak. Selain itu, WiMax seluler pun hadir untuk menyediakan layanan yang lebih baru termasuk didalamnya kemmapuan untuk multiacces dan 3G” jelasnya.

Seminar dilanjutkan dengan sesi kedua yang menghadirkan Adri Gautama. St. Mt dari CiSCO Indonesia sebagai pembicara. Dalam kesempatan kali ini, Adri Gautama memaparkan penggunaan WiMAX dalam mobile internet dimana terdapat 2 sistem yakni A WiMAX tower dan WiMAX receiver.

Lebih jauh beliau menekankan pada pentingnya penggunaan WiMAX yakni model bisnis WiMAX akan mengirimkan servis broadband kecepatan tinggi untuk membenarkan biaya atas tekhnologi 3G termasuk di dalamnya HSPDA. Selain itu Sistem ini dirancang untuk memaksimalkan keuntungan karena interoperabilitas berbasis standar seperti pemilihan peralatan dari beberapa vendor pilihan, QoS, titik harga terendah,  serta royalti yang rendah. Dan yang terpenting WiMAX akan menawarkan solusi untuk mengatasi penyedia layanan semua model bisnis di Indonesia.

Acara pembukaan Dies Natalis in juga dihadiri oleh para peserta seminar yang mayoritas merupakan mahasiswa FTI. “Awalnya saya hanya ingin tahu WiMAX itu sistem yang seperti apa, dan ternyata memang acaranya cukup menarik” papar Afriana, mahasiswa FTI 2011. Hal senada juga dikatakan Imanuella yang juga mahasiswa FTI angkatan 2011. “Banyak sekali ilmu pengetahuan yang didapatkan dari acara ini” tuturnya.

Acara ini juga disemarakkan dengan tarian daerah Sumba “Kataga” yang dibawakan oleh Perwasus (Persatuan Warga Sumba Salatiga). Acara ditutup dengan pembagian doorprize bagi para peserta seminar.

Sejumlah acara lainnya juga akan digelar dalam rangkaian Dies Natalis FTI tahun ini. Informasi selengkapnya dapat dilihat di http://www.diesnatalisfti2011.blogspot.com. (yen_jk/upk_bphl/fotodokpan).

Sumber: uksw.edu