Workshop dan Seminar Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran: Kerja Sama FTI UKSW dan USC

FTIUKSW.ORG - Dalam rangka memperkenalkan lebih dalam mengenai pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran, Fakultas Teknologi Informasi-UKSW telah menyelenggarakan kegiatan workshop pendidikan pada tanggal 24-25 Oktober 2011 dan ditutup dengan seminar pendidikan pada tanggal 26 Oktober 2011.

Workshop:

Pembicara pada kedua kegiatan tersebut adalah John Hunt yang merupakan dosen tamu dari University of the Sunshine Coast, Queensland, Australia. Kegiatan workshop dan seminar ini merupakan bentuk kerja sama antara Universitas Kristen Satya Wacana dan University of the Sunshine Coast yang difasilitasi oleh lembaga konsultan pendidikan Willi Toisuta & Associates. Selama workshop yang bertajuk Exploring The Contemporary Issues of Working with IC2T and Learning, John Hunt memaparkan 4 modul: iThink, iWork, iBehave, dan iConnect. Keempat modul tersebut memuat hal-hal tentang bagaimana peserta workshop mempraktekan teori-teori maupun filosofi pembelajaran dengan media TIK, bagaimana berperilaku secara etis terhadap penggunaan TIK, serta bagaimana memanfaatkan beragam tools pembelajaran yang berbasis TIK dengan menekankan nuansa kolaborasi antar sesama pembelajar. Para peserta workshop yang sebagian besar merupakan para guru di Salatiga dan sekitarnya diajak untuk mencoba dan mempraktekkan cara-cara pemanfaatan TIK yang mendukung pembelajaran berorientasi student-centered dibandingkan teacher-centered.

Seminar:

Saat seminar yang berjudul IC2T (Information, Communication, and Collaboration Technology) pada hari ketiga di ruang auditorium FTI, John Hunt membagikan pengalamannya sebagai seorang praktisi pendidikan dalam ilmu Science mengenai perjalanan pemanfaatan TIK dalam pembelajaran selama 15 tahun terakhir ini baik di dalam kelas maupun luar kelas, bahkan dalam konteks pembelajaran jarak jauh (distance learning). Selama sesi seminar, para peserta diajak untuk mencoba beberapa perangkat TIK dan website yang mendukung pembelajaran interaktif dan kolaboratif. Seminar tersebut tidak hanya dihadiri oleh peserta workshop yang diselenggarakan selama 2 hari sebelumnya tapi juga dihadiri oleh mahasiswa FTI, FIK, dan FSM. (george)