Presentasi XGameFlow pada (EAEFS) Taiwan 2011

Presentasi XGameFlow pada (EAEFS) Taiwan 2011FTIUKSW.ORG - Sebuah penelitian dari Fakultas Teknologi Informasi Universitas Kristen Satya Wacana yang bertajuk "XGameFlow, Extended Model for Measuring Player's Enjoyment in Playing Game" yang ditulis oleh Jasson Prestiliano, Danny Manongga dan Chiuhsiang Joe Lin telah dipresentasikan pada acara konferensi East Asia Ergonomics Foundation Symposium (EAEFS) 2011 pada tanggal 5-8 Oktober 2011 yang diadakan di Hsin Chu, Taiwan. Penelitian ini terselenggara berkat kerjasama internship Universitas Kristen Satya Wacana dengan Chung Yuan Christian University, Taiwan.

Dalam penelitian tersebut, penulis telah meneliti dan mengembangkan sebuah model untuk mengukur tingkat kesenangan gamer dalam memainkan game yang bertujuan untuk membantu para pengembang game yang ingin mendesain game yang menyenangkan bagi para gamer. Model ini pertama kali diciptakan oleh Sweetser dan Wyeth pada tahun 2005 bernama GameFlow, dan kemudian dikembangkan oleh Fu, Su dan Yu pada tahun 2008 menjadi eGameFlow. Penulis sendiri mengolah beberapa faktor dalam questioner yang ada dan menambahkan satu criteria baru dalam model tersebut sehingga menjadi XGameFlow atau Extended Game Flow. XGameFlow ini sudah diakui di Taiwan sebagai tolok ukur untuk kesenangan bermain game. Selain itu, XGameFlow dinyatakan menjadi sebuah alat ukur alternatif untuk mengukur tingkat kesenangan gamer dalam memainkan game-game online pada Negara itu yang sebagian besar bergenre RPG. (jas)

Untuk lebih jelasnya mengenai isi dari penelitian ini, bisa ditelusuri lebih lanjut melalui link: http://blog.gamedevid.org/?p=100