Kuliah Umum Kritis-Kreatif-Inovatif

Kuliah UmumPada hari Sabtu (23 Februari 2013) bertempat di Auditorium Fakultas Teknologi Informasi-UKSW diadakan Kuliah Umum dengan tema "Thingking About Technology" (Kritis-Kreatif-Inovatif). Kuliah Umum ini merupakan salah satu bagian dari MKU Filsafat Umum yang diikuti oleh mahasiswa FTI angkatan 2011. Hadir sebagai narasumber pada kesempatan ini adalah Drs..Jubar Mangimbulude,M.Sc dan Gusti Menoh,M.Hum.

Pada bagian pertama, Jubar Mangimbulude menyampaikan mengenai pentingnya penguasaan secara unggul terhadap pengetahuan teknologi. Beliau menegaskan bahwa penguasaan skill teknologi semata belum cukup untuk menghasilkan kreasi dan inovasi teknologi, melainkan mahasiswa juga perlu untuk meningkatkan dirinya dalam penelitian-penelitian pengetahuan teknologi. Menyambung hal tersebut, Gusti Menoh menyampaikan kepada sekitar 300 mahasiswa yang hadir, mengenai pentingnya pertimbangan etis terhadap nilai (dari) setiap perkembangan teknologi. Ia pun menegaskan bahwa dalam setiap kreasi dan inovasi teknologi yang (akan) dihasilkan, mesti diperhatikan dampak langsungnya terhadap kehidupan manusia dan lingkungannya. Ini berarti, teknologi mesti dikembangkan dalam prespektif nilai-nilai etis kemanusiaan. Arahnya tentu saja kepada kepada teknologi tepat guna yang akan menunjang kepentingan umum dan mampu untuk menjawab kebutuhan dasar masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga sekaligus diluncurkan buku Dari Filsafat ke Filsafat Teknologi (sebuah pengantar awal) yang digagas oleh koordinator matakuliah Filsafat Umum di FTI (Yesaya Sandang). Harapannya, melalui kehadiran buku ini dapat menunjang proses perkuliahan yang berlansung serta membantu mahasiswa dalam berolah pikir mengenai teknologi sebagaimana yang diemban oleh motto FTI itu sendiri: Kritis-Kreatif-Inovatif.