Peningkatan Kapasitas Penelitian Mahasiswa Lewat PKM

diseminasi pkm 2012“Peningkatan kualitas dan kapasitas penelitian dosen semestinya diimbangi dengan penelitian mahasiswa demi peningkatan prestasi akademik,” tegas Dekan FTI UKSW dalam pembukaan diseminasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) FTI UKSW (27/9) di depan para mahasiswa peserta diseminasi dan para reviewer.

Dalam rangka menyambut Dies Natalis FTI UKSW yang kesembilan maka FTI mengadakan diseminasi penelitian yang diselenggarakan selama 2 hari (27-28/09/12). Setelah melalui proses panjang, akhirnya 15 kelompok mahasiswa yang mengajukan karya penelitian dinyatakan layak mengikuti diseminasi.

Thomas .E. Alunat, S.Kom selaku ketua panitia kegiatan ini menyatakan bahwa tahap diseminasi ini merupakan tahap terakhir dari 9 tahap sejak Februari 2012.  Pada tahap ini hasil penelitian akan dipresentasikan di depan para reviewer selama 2 hari.” Nantinya penelitian peserta dinilai dari berbagai aspek untuk menentukan penelitian mana yang paling layak juara,” tambahnya.

Proses Panjang

Penelitian mahasiswa yang disertakan dalam PKM FTI kali ini terbagi atas 5 kategori yakni penelitian mahasiswa, pengabdian masyarakat, kewirausahaan, penelitian teknologi dan penelitian pascasarjana. Total, terdapat 140 penelitian yang diajukan mahasiswa FTI pada PKM tahun ini. Setiap penelitian merupakan karya kelompok yang berisi 3 orang mahasiswa. Setiap penelitian disubsidi oleh pihak fakultas dan Pembantu Rektor III sebesar 3 juta rupiah untuk penelitian sarjana dan 5 juta rupiah untuk penelitian pasca sarjana.

Pencanangan kegiatan PKM dimulai sejak tanggal 22 Februari 2012 lewat kegiatan pelatihan metode riset dan penyusunan proposal PKM sebagai pembekalan bagi para mahasiswa. Kegiatan ini menghadirkan para peneliti yang berpengalaman baik dari lingkungan UKSW atau universitas lain. Narasumber dari luar UKSW yang dihadirkan pada acara ini adalah Prof. Dr. Harun Joko Priyatno dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa banyak mendapat kiat dan tips penelitian yang berguna.

Selanjutnya para mahasiswa diberikan kesempatan selama hampir sebulan untuk mempersiapkan proposal penelitian yang akan diajukan. Proposal penelitian yang masuk kemudian akan dievaluasi dan direview lagi lewat proses desk evaluation dan proposal review oleh para dosen FTI yang menjadi pembimbing penelitian. Proses ini dilakukan untuk menentukan penelitian mahasiswa yang layak mendapat hibah. Proses-proses ini berjalan intens selama hampir 4 bulan lewat kegiatan monitoring dan evaluasi penelitian yang dilakukan 2 kali pada bulan Mei dan Juni.

Pemenang PKM

Diseminasi PKM yang berlangsung di ruang rapat lantai II FTI UKSW menghadirkan 4 reviewer yakni Kristoko Dwi Hartomo, S.Kom., M.Kom., Wiwin Sulistyo, S.T., M.Kom., Rini Darmastuti S.Sos., M.Si. dan Rudy Latuperissa, S.E., M.Cs.. Karya penelitian yang dipilih oleh para reviewer sebagai pemenang pertama adalah penelitian kelompok yang diketuai oleh Dedy Unggul W dengan topik Desain dan Implementasi Media Pembelajaran Penggolongan Hewan berdasarkan Jenis Makanan Menggunakan Teknologi Augmented Reality pada Mobile Android OS. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar dan pemahaman materi pembelajaran IPA siswa SD. Sebagai pemenang, kelompok ini berhak atas trophy dan uang senilai Rp.750.000.

Pemenang kedua dan ketiga juga mendapat trophy dan hadiah uang senilai Rp.500.000 dan Rp.250.000. Pemenang kedua adalah penelitian yang dimotori Daniel Krisyanto yang mengangkat tema desain teknologi virtualisasi dan optimalisasi dan konsolidasi komputer. Sedangkan pemenang ketiga adalah penelitian yang dilakukan oleh Derry Arrviano Raditya dengan tema implementasi media informasi pecarian bantuan pendidikan dengan menggunakan film pendek dan efek hologram. Penyerahan hadiah untuk para pemenang PKM FTI dilakukan oleh Rektor UKSW dan didampingi oleh Dekan FTI pada malam sarasehan Dies Natalis FTI UKSW (1/10) di Balairung Utama UKSW. (feb)