Hibah Unggulan STRANAS Dipresentasikan dalam Diskusi Bulanan Methodus

k2iTahun ini sebuah penelitian dari FTI UKSW yang berjudul Pranatamangsa Climate Mapping (PCMAP) berhasil mendapat hibah unggulan STRANAS.     Penelitian ini digagas oleh rumpun Simitro (Sistem Mitigasi Penyakit Tropis) ini menjadi topik diskusi yang dibahas dalam forum diskusi Methodus pada tanggal 1 Agustus 2012 lalu. Dalam presentasinya Sri Yulianto Joko Prasetyo, S.Si., M.Kom menyatakan bahwa penelitian ini merupakan terapan dari berbagai disiplin ilmu di antaranya ilmu pertanian, ilmu komputer,ilmu geografi, ilmu falak, statistik dan klimatologi. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan model kalender pola tanam berbasis wilayah, model zonasi pertanian berbasis daya dukung sumber daya alam dan informasi iklim berbasis kearifan lokal (pranata mangsa).

Pranatamangsa sendiri merupakan kearifan lokal yang telah dikenal lama dan dipakai masyarakat Jawa dalam menentukan iklim. Kearifan lokal pranatamangsa masih digunakan oleh masyarakat Surakarta  yang bermukim di sekitar gunung merapi dan gunung Merbabu. Malahan, sekitar 60% petani di Boyolali masih menggunakan pranatamangsa dalam menentukan pola tanam.

Penelitian yang direncanakan dibagi dalam tiga tahap ini sudah memulai menghasilkan produk PCMAP yang baru seperti tabel pranatamangsa baru danpeta pola tanam baru. Umumnya para peserta diskusi yang terdiri dari para dosen FTI dan mahasiswa Magister Sistem Informasi menyambut positif topik diskusi ini. Hal ini tampak dari jalannya diskusi yang interaktif dan konstruktif. Salah seorang peserta mengusulkan agar packaging produk penelitian ini mulai dipikirkan sehingga bisa menjadi produk unggulan. Di lain pihak beberapa peserta mengharapkan agar penelitian ini bisa diimplementasikan dalam proses pembelajaran berbasis penelitian. (feb)