Public Relations

Satu-satunya Program Studi S1 Public Relations di Jawa Tengah

Pada tanggal 13 Desember 2012 yang lalu keluar SK Menteri P & K RI no. 422/E/O/2012 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Hubungan Masyarakat (S1) pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Program Studi yang terkenal dengan nama Program Studi S1 Public Relations ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi, UKSW. Program studi ini merupakan program studi S1 Public Relations pertama yang ada di Jawa Tengah dan satu-satunya di Jawa Tengah.

Berbasiskan pada teknologi informasi, program studi ini ingin menghasilkan seorang Public Relations professional dengan kemampuan untuk menggunakan dan mengaplikasikan Teknologi Informasi dalam dunia Public Relations. Selain itu, untuk mempersiapkan lulusannya mampu memasuki kancah persaingan internasional, program studi ini membekali mahasiswanya dengan kemampuan dwi bahasa, yaitu bahasa Inggris dan bahasa mandarin / Jepang.

Program Studi ini membekali mahasiswanya dengan matakuliah Komunikasi, Pengantar dan Manajemen Public Relations, Jurnalistik, Iklan, Design Grafis serta pengembangan diri sebagai satu usaha untuk menghasilkan seorang profesionalisme dan perencana dalam dunia Public Relations. Selain kemampuan skill, lulusan dari program studi ini juga memiliki kemampuan konseptual, merancang, mengkritisi , mengevaluasi dan melakukan penelitian tentang hal-hal yang terkait dengan kegiatan Public Relations.

Lulusan dari Program Studi ini dapat bekerja sebagai seorang Public Relations profesional baik di institusi pemerintah maupun swasta (Perusahaan, Hotel, Rumah Sakit maupun PR di dunia pendidikan). Selain menjadi professional Public Relations, lulusan dari Program Studi ini juga dapat bekerja di media massa, di bidang jurnalistik, di bidang periklanan maupun dapat bekerja mandiri sebagai even organizer.

Elya Wulanjari"Materi perkuliahan yang up to date dan menekankan pada teori membuat lulusan memiliki daya saing yang tinggi di dunia kerja. Tak hanya itu, belajar di PR juga memberikan banyak bekal untuk membuka usaha sendiri" (Elya Wulanjari, alumni PR 2007, Staf Badan Kesbangpol Kota Salatiga)

thumb Vicka AgustinaMenjadi seorang PR (Public Relations) sebenarnya bukan menjadi salah satu cita2 saya, Meski bersekolah di UKSW dan mengambil jurusan Public Relations. Tapi ada 1 hal yg menarik hati saya untuk berkecimpung di dunia ini (dunia PR) yaitu komunikasi dan relasi. Dimana PR adalah ujung tombak dari sebuah perusahaan. Banyak pelajaran berharga selama saya mengambil jenjang Diploma Public Relations. Saya dapat belajar membina hubungan dengan awak media (pers / wartawan), relasi dengan pimpinan perusahaan besar demi terwujudnya citra atau brand image dari perusahaan tempat saya bekerja. Di UKSW saya mendapatkan banyak ilmu tentang membangun relasi dalam even2 besar,lalu bagaimana menghandel konflik di dalam perusahaan dimana kita dapat tetap berusaha menjaga citra dan image dari perusahaan tersebut dan terlebih menjaga agar tidak muncul berita tidak sedap diluar, yaitu dengan tetap menjaga hubungan dengan media.
Dimulai dari UKSW jurusan PR, Pastikan diri Anda menjadi ujung tombak dari perusahaan ternama !!  (Vicka Agustina, alumni PR angkatan 2006, Mantan PR Hotel Graha Santika)