Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Pendidikan Teknik Informatika dan KomputerProgram Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) FTI UKSW hadir untuk menjawab tuntutan kebutuhan pembelajaran akan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan teknis Akademis dan Teknik Informatika dan Komputer (TIK). Belum banyak Guru bidang TIK di SMU, SMK, SLTP (maupun lembaga pendidikan TIK non formal) yang sesuai dengan bidangnya. Lulus Pendidikan TIK bergelar SPd.Kom, dan mendapatkan sertifikat mengajar. Komposisi matakuliah kependidikan dan TIK murni adalah 40% : 60%. Program Studi PTIK  dibagi kedalam tiga konsentrasi: Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Multimedia

Visi

Visi Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer yaitu: “Pada tahun 2020 menjadi pusat unggulan yang menghasilkan teknokrat dalam bidang pendidikanyang menjunjung tinggi nilai kebenaran dan iman Kristiani serta memiliki kepekaan terhadap perubahan dan berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan berlandaskan nilai kritis, kreatif, dan inovatif”.

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang menekankan pada keunggulanpembelajaran berbasis teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai kebenaran dan iman Kristiani.
  2. Melaksanakan penelitian yang menekankan pada keunggulanpembelajaran berbasis teknologi informasi dan berciri kritis, kreatif, dan inovatif.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang menekankan pada keunggulanpembelajaran berbasis teknologi informasi bercirikan pada semangat pelayanan.
  4. Mengembangkan kepemimpinan yang mencerminkan sikap kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki kepekaan terhadap perubahan.
  5. Menciptakan dan mengembangkan sinergi antara pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam semangat pelayanan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri.

Sarjana yang lulus dari program studi PTIK memiliki pengalaman dan dapat menguasai Pembelajaran TIK di SMU, SMK, maupun SLTP. Profil lulusan Program Studi PTIK selain menjadi Guru di Bidang Teknik Informatika, lulusan mampu menguasai dan dapat mengembangkan diri pada bidang-bidang berikut: Praktisi Pendidikan Teknik Informatika, Konsultan Pendidikan Teknik Informatika, IT Project Manager, Programmer. Tidak menutup kemungkinan bagi mahasiswa dan lulusan untuk berkarir di bidang nonkeguruan dan menjadi System Analyst, Programmer, IT Specialist, Network Engineer  atau menjadi Enterpreneur yang tangguh, karena dalam proses perkuliahan mahasiswa dibekali pengetahuan TIK, kewirausahaan. Spesialisasi juga didapatkan dari  program sertifikasi yang disediakan.

Program studi PTIK dan Fakultas Teknologi Informasi memberikan Beasiswa PPSDM bagi mahasiswa yang memiliki prestasi. Bagi mahasiswa dari beberapa daerah di Indonesia PTIK membuka kerjasama dengan pemerintah daerah untuk menyelenggarakan beasiswa bagi mahasiswa di daerahnya.

Pengalaman mengajar yang diwajibkan untuk dimiliki oleh setiap lulusan PTIK didapat dari praktek mengajar di sekolah Laboratorium UKSW, maupun sekolah-sekolah lainnya. Mahasiswa juga mengikuti program magang di Pusat Penelitian dan Training Center FTI UKSW

Kerjasama yang dimiliki oleh program studi PTIK adalah dengan Universitas di luar negeri Seperti Charles Darwin University Australia, Kwansei Gakuin University Jepang, dan banyak universitas lain telah berjalan, PTIK FTI UKSW sedang melakukan penjajakan kerjasama peningkatan kurikulum vocational bersama dengan Universitas Griffit di Australia, dan Sunshine Coast University Australia.

Ketua Program Studi: Frederik Samuel Papilaya, S.Kom., M.Cs.