Destinasi Pariwisata

"Berdasarkan KEPMENDIKBUD No.570/E/2013 telah diberikan ijin operasional bagi program studi Sarjana Terapan (D-IV) Destinasi Pariwisata"

Pariwisata berpotensi besar untuk dapat menciptakan kegiatan ekonomi tidak hanya bagi Indonesia namun juga dunia. Pengalaman dari berbagai negara menunjukkan bahwa sektor-sektor publik maupun swasta memperoleh keuntungan yang signifikan dari perencanaan destinasi pariwisata yang dilakukan dengan benar. Lokasi-lokasi dengan pengembangan pariwisata yang direncanakan dan dikelola baik akan dapat menjadi daerah tujuan wisata yang sukses dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, sejalan dengan rencana pemerintah untuk lebih menggalakkan pengembangan pariwisata di Indonesia, sudah sangat mendesak kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang perencanaan dan pemasar pariwisata yang dididik dan dipersiapkan dengan baik dan benar.

Progdi Destinasi Pariwisata UKSW hadir untuk mendukung berkembangnya pariwisata yang tentunya dapat bermanfaat bagi pembangunan berkelanjutan. Program Destinasi Pariwisata di UKSW juga dimaksudkan sebagai program studi dengan pendekatan interdisipliner yang menekankan penerapan teori-teori perencanaan dan pemasaran pariwisata. Pendekatan ini penting dalam rangka menyiapkan tenaga profesional yang mempunyai kemampuan menganalisa fenomena-fenomena dunia pariwisata secara holistik. Hal ini dilakukan dengan memberikan pembekalan pada para calon perencana dan pemasar destinasi pariwisata pengetahuan dibidang sosial dan lingkungan agar mempunyai pemahaman tentang kompleksitas dari sistem alam dan sosial.

Lebih jauh progdi ini juga akan menyiapkan tenaga profesional di bidang destinasi pariwisata yang mampu terlibat dalam proses-proses perencanaan dan pemasaran pariwisata serta memahami peran pariwisata bagi pembangunan pada tingkat lokal, nasional, ekonomi global dan pengembangan sosial. Pada akhirnya progdi Destinasi Pariwisata ingin menghasilkan lulusan yang mempunyai pemahaman dan kesadaran tentang issue-issue moral, etika, lingkungan dan hukum yang membentuk penerapan pengembangan destinasi pariwisata yang bertanggungjawab dan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Visi Program Studi

 Visi Program Studi Destinasi Pariwisata yaitu: “Pada tahun 2020 menghasilkan ahli dan profesional yang berdaya saing tinggi di bidang Destinasi Pariwisata yang menjunjung tinggi nilai kebenaran dan iman Kristiani, serta memiliki karakter kepemimpinan yang berwawasan global berlandaskan nilai kritis, kreatif, dan inovatif ”.

Misi Program Studi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang menekankan pada penciptaan tenaga ahli dan professional dibidang Destinasi Pariwisata yang berorientasi pada pengembangan pariwisata berkelanjutan (Sustainable Tourism Development) berbasis nilai kebenaran dan iman Kristiani.
  2. Melakukan penelitian dibidang Destinasi Pariwisata yang berorientasi pada pengembangan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism development).
  3. Menjalankan pengabdian masyarakat dibidang Destinasi Pariwisata yang berorientasi pada pengembangan pariwisata berkelanjutan (sustainable tourism development).
  4. Mengembangkan tenaga ahli dan professional yang memiliki jiwa kepemimpinan bercirikan kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki kepekaan terhadap perubahan.
  5. Membangun sinergi dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri, dalam pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Profil Lulusan

Secara rinci, lulusan Dari Program Studi Destinasi Pariwisata diharapkan dapat memiliki keahlian sebagai:

  1. Destination Management Organisation (DMO), Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata diharapkan memiliki kemampuan untuk merencanakan, mengembangkan serta memasarkan destinasi pariwisata berbasis alam, budaya atau man made.
  2. Lembaga Konsultan Pengembangan Pariwisata, Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata diharapkan memiliki kemampuan meneliti, mengolah data-data tentang pariwisata serta menyediakan jasa konsultasi perencanaan dan pengembangan pariwisata.
  3. Wirausahawan dibidang Pariwisata, Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata diharapkan memiliki kemampuan bekerja secara mandiri maupun kelompok dengan membangun usaha pemasaran paket wisata berbasis filosofi sustainable development dan pemanfaatan teknologi informasi.
  4. Peneliti dibidang Pariwisata, Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata diharapkan memiliki kemampuan merancang serta melaksanakan penelitian di bidang Destinasi Pariwisata.
  5. Fasilitator program pemberdayaan masyarakat dibidang Destinasi Pariwisata. Sarjana Terapan Destinasi Pariwisata diharapkan memiliki kemampuan mendampingi masyarakat dikawasan pengembangan pariwisata.

Deskripsi Matakuliah

  • Pengantar Teknologi Informasi
    Matakuliah ini akan memberikan pengenalan teknologi yang digunakan dalam pengolahan data (mendapatkan, memproses, menghasilkan) dengan berbagai cara agar dapat menghasilkan suatu informasi yg mempunyai nilai yg efektif dan efisien.
  • Matematika
    Matakuliah ini diberikan dengan harapan supaya mahasiswa memiliki penguasaan konsep-konsep dasar matematika serta dapat menyelesaikan berbagai pemasalahannya, yang kemudian dapat digunakan sebagai dasar dalam matakuliah lanjutan (Statistik). Selain itu juga dapat memberikan kemapuan bagi mahasiswa untnk melakukan penalaran secara logis sebagai gagasan berpikir secara sistematis dalam penyelesaian masalah dalam kehidupan nyata. Dalam kuliah ini mambahas Review Algebra, Relasi & Fungsi, Limit & Kontinuitas, Turunan, Integral, dan Logika Matematika.
  • GIS Pariwisata
    Matakuliah akan membekali mahasiswa mengenai bagaimana memetakan, memproses dan menganalisis pariwisata menggunakan Sistem Informasi Geografi.
  • Pariwisata dan Budaya Lokal
    Matakuliah ini akan menganalisa hubungan antara pariwisata dan kebudayaan masyarakat setempat, dimana termasuk didalamnya akan dianalisas berbagai macam situasi problematik yang muncul akibat pengembangan pariwisata.
  • Dinamika Pariwisata Indonesia
    Matakuliah ini akan memberikan wawasan tentang sejarah pariwisata Indonesia, kebijakan, dan pasang surut perkembangannya. Matakuliah ini juga akan menganalisa masa depan pariwisata di Indonesia.
  • Menulis Karya Ilmiah
    Matakuliah ini akan melatih mahasiswa untuk menghasilkan berbagai macam model karya tulis ilmiah untuk berbagai macam keperluan, termasuk didalamnya untuk keperluan penulisan tugas akhir.
  • Pemasaran dan Promosi Pariwisata
    Mata kuliah ini membahas konsep-konsep pemasaran dan promosi destinasi wisata yang memampukan mahasiswa membuat desain perancangan pemasaran dan promosi suatu daerah tujuan wisata.
  • Etika Profesi dan Pengembangan Diri
    Matakuliah ini akan memampukan mahasiswa untuk melihat dan mengerti etika-etika yang ada dalam dunia profesi di bidang pariwisata, serta mampu untuk membedakan dan menerapkan etika tersebut dalam pekerjaan profesionalisme sebagai pekerja pariwisata.
  • Technopreneurship
    Matakuliah ini menyajikan bukan saja teori melainkan berbagai macam praktek dan kiat praktis untuk mengembangkan suatu usaha disertai dengan pemanfaatan teknologi yang tepat. Matakuliah ini juga memfasilitasi mahasiswa untuk membuat rencana bisnis pariwisata baik.
  • Analisa Dampak Sosial Pembangunan Pariwisata
    Matakuliah ini akan menyajikan beragam kasus dari pembangunan kawasan wisata guna dianalisa dampak-dampaknya. Matakuliah ini juga akan memberikan teori-teori aplikatif dalam mengantisipasi dan menghasilkan solusi.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 1
    Matakuliah ini memberikan materi dasar Bahasa Inggris dengan bahan-bahan yang berhubungan dengan tema pariwisata.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 2
    Matakuliah ini emberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan berbahasa aktif: menyimak dan berbicara.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 3
    Matakuliah memberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan berbahasa pasif: menyimak dan membaca.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 4
    Matakuliah ini memberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan berbahasa aktif: berbicara dan menulis.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 5
    Matakuliah ini memberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan berbahasa secara menyeluruh: menyimak dan berbicara.
  • Bahasa Inggris Pariwisata 6
    Matakuliah ini memberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan memahami tulisan-tulisan ilmiah dalam Bahasa Inggris
  • Bahasa Inggris Pariwisata 7
    Matakuliah ini memberikan materi Bahasa Inggris lanjutan dengan penekanan pada kemampuan menulis ilmiah dalam Bahasa Inggris
  • Statistik Pariwisata
    Matakuliah ini memberikan materi mengenai pengenalan dan pengolahan data statistic yang digunakan dalam penelitian dengan kajian pariwisata.
  • Pengembangan Pariwisata Berkelanjutan
    Matakuliah ini memberikan materi mengenai pengembangan pariwisata yang berbasis pada pengembangan yang berkelanjutan.
  • Globalisasi, Politik dan Pariwisata Internasional
    Matakuliah ini menguraikan perkembangan, dampak-dampak yang ditimbulkan serta pengorganisasian pariwisata dalam perspektif global.
  • Pengantar Perencanaan dan Kebijakan Pariwisata
    Matakuliah ini memberikan materi mengenai pengenalan akan konsep perencanaan dalam bidang pariwisata dan hubungannya dengan kebijakan pariwisata.
  • Perencanaan dan Kebijakan Pariwisata
    Matakuliah ini menguraikan perencanaan pariwisata dalam level internasional, regional, nasional, sampai tapak dan bagaimana hubungannya dengan kebijakan pariwisata di setiap levelnya.
  • Analisis Investasi dan Proyek Pariwisata
    Matakuliah ini menguraikan perencanaan, perhitungan, perijinan dan pengelolaan investasi dan proyek dalam bidang pariwisata.
  • English Enrichment
    Mata kuliah ini mengajarkan prinsip tata bahasa dan kosa kata bahasa Inggris dalam komunikasi sehari hari sehingga dengan latihan terpadu mereka lebih siap untuk belajar bahasa Inggris pada tingkat yang lebih kompleks.
  • Pengantar Pariwisata
    Mata kuliah ini memberikan pengertian mengenai dasar-dasar pengetahuan mengenai kepariwisataan, defini pariwisata serta pemahaman sistem pariwisata Internasional dan Indonesia serta dimensi-dimensi pengembangan pariwisata dan dampaknya.
  • Pembangunan Ekonomi Pariwisata Berbasis Komunitas
    Mata kuliah ini berisi mengenai prinsip pengembangan pariwisata yang memberikan dampak positif dalam perekonomian masyarakat lokal dan bagaimana prinsip-prinsip berbasis komunitas diterapkan.
  • Pariwisata Alam
    Mata kuliah ini berisi mengenai prinsip-prinsip pengembangan pariwisata berkelanjutan, khususnya pengembangan pariwisata alam, termasuk kebijakan dan studi lapangan.
  • Pariwisata dan Kesehatan
    Mata kuliah ini berisi mengenai dampak pariwisata terhadap aspek kesehatan baik wisatawan dan masyarakat lokal, termasuk safety dan biosecurity dalam dunia pariwisata sebagai salah satu dampak yang harus diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pengembangan pariwisata secara keseluruhan.
  • Bahasa Inggris Profesi
    Mata kuliah ini mengajarkan prinsip tata bahasa dan kosa kata bahasa Inggris dalam komunikasi sehari hari sehingga dengan latihan terpadu mereka lebih siap untuk belajar bahasa Inggris pada tingkat yang lebih kompleks.
  • Bahasa Jepang 1
    Mata kuliah ini mengajarkan ketrampilan dasar berbahasa jepang secara aktif seperti tata bahasa, percakapan, mendengarkan dan pengenalan huruf Jepang (Hiragana).
  • Bahasa Jepang 2
    Mata kuliah inimengajarkan ketrampilan lanjut berbahasa jepang secara aktif dalam bidang kepariwisataan, sehingga mahasiswa dapat berkomunikasi secara aktif.
  • Bahasa Jepang 3
    Mata kuliah ini mengajarkan ketrampilan berbahasa jepang secara aktif dan dapat berdiskusi dan berkomunikasi dalam bidang kepariwisataan serta ketrampilan menulis.
  • Analisa Pasar Pariwisata
    Mata kuliah ini mengajarkan mahasiswa untuk melakukan analisa pasar pariwisata, termasuk analisa SWOT, sehingga pengembangan dapat sesuai sasaran dan memberikan keuntungan bagi seluruh stakeholders.
  • Perencanaan Pariwisata Berbasis Komunitas
    Mata kuliah ini mengajarkan prinsip-prinsip pengembangan pariwisata berbasis masyarakat lokal, bagaimana seharusnya pariwisata dilakukan oleh, dari dan untuk masyarakat lokal.
  • Metodologi Penelitian
    Matakuliah ini akan menyajikan teori-teori penelitian disertai dengan ragam penerapannya. Melalui matakuliah ini mahasiswa dimampukan untuk memahami tahapan dari berbagai macan jenis penelitian.
  • Praktek Kerja
    Matakuliah ini memberikan pengalaman langsung terkait dengan pengembangan suatu kawasan wisata. Matakuliah ini juga memberikan bekal bagi mahasiswa untuk terjun langsung dalam menghadapi berbagai situasi nyata yang dihadapi dalam urusan destinasi wisata.