Desain Komunikasi Visual

Progdi DKV memadukan teknologi informasi, seni, dan kreatifitas dalam bentuk konsep sampai implementasi desain yang dinamis, variatif, kreatif dan inovatif. Kurikulum Progdi DKV telah didesain sesuai dengan kurikulum baru berbasis kompetensi, sehingga para lulusan dapat bersaing di dunia kerja atau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Kurikulum ini membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam bentuk konsentrasi sebagai representasi keahlian khusus yang diperoleh selama proses pembelajaran. Tiga konsentrasi tersebut yaitu Desain Grafis (Graphic Design), Pengembangan Game (Game Development), dan Multimedia Kreatif (Creative Multimedia).

Visi

Visi Program Studi Desain Komunikasi Visual yaitu: “Pada tahun 2020 menjadi pusat unggulan Industri Kreatif berbasis Teknologi Informasi untuk menghasilkan pemimpin yang menjunjung tinggi nilai kebenaran dan iman Kristiani serta memiliki kepekaan terhadap perubahan dan berkontribusi terhadap pengembangan Industri Kreatif berlandaskan nilai kritis, kreatif, dan inovatif”.

Misi

  1. Melaksanakan proses pembelajaran yang menekankan pada keunggulan industri kreatif berbasis teknologi informasi dan menjunjung tinggi nilai kebenaran dan iman Kristiani.
  2. Melaksanakan penelitian yang menekankan pada keunggulan industri kreatif berbasis teknologi informasi dan berciri kritis, kreatif, dan inovatif.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat yang menekankan pada keunggulan industri kreatif berbasis teknologi informasi bercirikan pada semangat pelayanan.
  4. Mengembangkan kepemimpinan yang mencerminkan sikap kritis, kreatif, dan inovatif serta memiliki kepekaan terhadap perubahan.
  5. Menciptakan dan mengembangkan sinergi antara pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat dalam semangat pelayanan dengan berbagai pihak, baik di dalam maupun luar negeri.

Progdi DKV melakukan kerjasama dalam penyelenggaraan perkuliahan, misalnya matakuliah Storyboard Design, Cinematography, dan Audio Video berkerja sama dengan Metro Papua TV dan PT. Televisi Semarang Indonesia. Matakuliah Dasar Game dan Perancangan Game berkerja sama dengan berbagai Game Developer Indonesia dan mancanegara. Multimesia Kreatif yang didukung dengan fasilitas lengkap seperti Studi Gambar, Studio Film, Studio Animasi, dan lain-lain.

Prospek Pekerjaan lulusan Progdi DKV diantaranya adalah Desainer Grafis, Periklanan, Rumah Produksi, Fotografi, Publikasi, Pengembangan Game, Perancangan Game, Karakter dan Musik Game, Perfilman, Pertelevisian, Industri Cetak, Animator, Komikus, Konsultan Desain, Teknopreneur, dll.

Konsentrasi Desain GrafisKonsentrasi Multimedia KreatifKonsentrasi Pengembangan Game

Konsentrasi Desain Grafis (Graphic Design)

 Lulusan dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Konsentrasi Desain Grafis (Graphic Design) diharapkan dapat memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Dapat mewujudkan dan memvisualisasikan ide-ide kreatif dan inovatifnya dengan memanfaatkan teknologi secara maksimal.
  • Dapat menciptakan karya desain yang orisinil baik untuk iklan, poster, ilustrasi, corporate identity, komik, desain kemasan dan sebagainya.
  • Dapat menerapkan filosofis dan teknik-teknik desain grafis untuk menghasilkan produk desain yang berkualitas tinggi dan mampu bersaing serta dapat memasarkan hasil karya desain yang tepat guna, mampu bersaing dan inovatif.
  • Dapat menganalisa dan mengevaluasi produk hasil desainnya

Konsentrasi Pengembangan Game (Game Development)

Lulusan dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Konsentrasi Pengembangan Game (Game Development) diharapkan dapat memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Dapat merancang dan membuat game-game yang orisinil dan inovatif dengan menggunakan teknologi komputer dan keahlian pemrograman yang memadai.
  • Dapat menciptakan produk-produk game yang layak untuk dinikmati dan dipasarkan pada masyarakat luas.
  • Dapat mendesain dan merancang sisi grafis (artwork), cerita, pengembangan karakter, sisi audio dan estetika dalam game selain dapat memprogram game.
  • Dapat menganalisa dan mengevaluasi produk game yang dihasilkannya.

Konsentrasi Multimedia Kreatif (Creative Multimedia)

Lulusan dari Program Studi Desain Komunikasi Visual Konsentrasi Multimedia Kreatif (Creative Multimedia) diharapkan dapat memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Dapat mewujudkan dan memvisualisasikan ide-ide kreatif dan inovatifnya dalam bentuk audio video dengan memanfaatkan teknologi komputer secara maksimal.
  • Dapat menciptakan produk-produk audio video yang orisinil baik untuk iklan, acara televisi, film, animasi, computer graphics (CG), e-learning dan lain sebagainya.
  • Dapat menerapkan filosofis dan teknik-teknik multimedia yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pada sisi entertainment, education maupun commercial.
  • Dapat menganalisa dan mengevaluasi produk audio video yang dihasilkan.

Ketua Program Studi: T. Ari Setiawan Prasida, ST., M.Cs.