Program Sarjana (S1)

Destinasi Pariwisata

"Berdasarkan KEPMENDIKBUD No.570/E/2013 telah diberikan ijin operasional bagi program studi Sarjana Terapan (D-IV) Destinasi Pariwisata"

Pariwisata berpotensi besar untuk dapat menciptakan kegiatan ekonomi tidak hanya bagi Indonesia namun juga dunia. Pengalaman dari berbagai negara menunjukkan bahwa sektor-sektor publik maupun swasta memperoleh keuntungan yang signifikan dari perencanaan destinasi pariwisata yang dilakukan dengan benar. Lokasi-lokasi dengan pengembangan pariwisata yang direncanakan dan dikelola baik akan dapat menjadi daerah tujuan wisata yang sukses dari berbagai sudut pandang. Oleh karena itu, sejalan dengan rencana pemerintah untuk lebih menggalakkan pengembangan pariwisata di Indonesia, sudah sangat mendesak kebutuhan akan tenaga-tenaga profesional di bidang perencanaan dan pemasar pariwisata yang dididik dan dipersiapkan dengan baik dan benar.

Read more: Destinasi Pariwisata

Sistem Informasi (S1)

Slogan program studi Sistem Informasi adalah “MAKE BETTER BUSINESS WITH IT” dimana dalam program studi ini akan dipelajari bagaimana memanfaatkan teknologi informasi untuk menganalisa, merancang, dan membangun suatu sistem informasi yang berdaya guna dan tepat guna sehingga mampu bersaing dalam dunia bisnis, baik di tingkat nasional maupun internasional.

Read more: Sistem Informasi (S1)

Teknik Informatika (S1)

Dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi ini, maka kebutuhan akan sumber daya manusia yang handal dalam keahlian teknis dan praktis, dengan basis teori yang kuat akan semakin meningkat.  Dengan alasan ini maka Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Informasi, UKSW diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Berdasarkan perkembangan teknologi informasi tersebut, maka Program Studi S1 Teknik Informatika menyediakan 3 (tiga) konsentrasi yaitu : Konsentrasi Jaringan Komputer, Konsentrasi Mobile Application, dan Konsentrasi Rekayasa Web.

Read more: Teknik Informatika (S1)

Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Pendidikan Teknik Informatika dan KomputerProgram Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer (PTIK) FTI UKSW hadir untuk menjawab tuntutan kebutuhan pembelajaran akan tenaga pendidik yang memiliki kemampuan teknis Akademis dan Teknik Informatika dan Komputer (TIK). Belum banyak Guru bidang TIK di SMU, SMK, SLTP (maupun lembaga pendidikan TIK non formal) yang sesuai dengan bidangnya. Lulus Pendidikan TIK bergelar SPd.Kom, dan mendapatkan sertifikat mengajar. Komposisi matakuliah kependidikan dan TIK murni adalah 40% : 60%. Program Studi PTIK  dibagi kedalam tiga konsentrasi: Teknik Informatika, Sistem Informasi, dan Multimedia

Read more: Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer

Desain Komunikasi Visual

Progdi DKV memadukan teknologi informasi, seni, dan kreatifitas dalam bentuk konsep sampai implementasi desain yang dinamis, variatif, kreatif dan inovatif. Kurikulum Progdi DKV telah didesain sesuai dengan kurikulum baru berbasis kompetensi, sehingga para lulusan dapat bersaing di dunia kerja atau melanjutkan studinya ke jenjang yang lebih tinggi. Kurikulum ini membekali mahasiswa dengan keterampilan dalam bentuk konsentrasi sebagai representasi keahlian khusus yang diperoleh selama proses pembelajaran. Tiga konsentrasi tersebut yaitu Desain Grafis (Graphic Design), Pengembangan Game (Game Development), dan Multimedia Kreatif (Creative Multimedia).

Read more: Desain Komunikasi Visual

Public Relations

Satu-satunya Program Studi S1 Public Relations di Jawa Tengah

Pada tanggal 13 Desember 2012 yang lalu keluar SK Menteri P & K RI no. 422/E/O/2012 tentang ijin penyelenggaraan Program Studi Hubungan Masyarakat (S1) pada Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga. Program Studi yang terkenal dengan nama Program Studi S1 Public Relations ini berada di bawah naungan Fakultas Teknologi Informasi, UKSW. Program studi ini merupakan program studi S1 Public Relations pertama yang ada di Jawa Tengah dan satu-satunya di Jawa Tengah.

Read more: Public Relations